Selasa, 04 Juni 2013

Sekilas Belalang Nugget






Penganekaragaman pangan berprotein tinggi dapat dikembangkan dengan menggali potensi lokal yang ada di Indonesia, yaitu dengan pengolahan belalang. Sebagian masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan makanan ini, di Gunungkidul misalnya, masyarakat memenuhi kebutuhan proteinnya dengan mengkonsumsi belalang. Selain harganya terjangkau, belalang sangat mudah didapatkan pada musim-musim tertentu. Salah satu produk olahan yang dapat dikembangakan dengan bahan dasar belalang adalah belalang nugget. Belalang Nugget merupakan salah satu terobosan di bidang pangan dan dapat diterima oleh konsumen dari tingkat anak-anak maupun dewasa sebagai lauk maupun camilan. Belalang yang diolah menjadi nugget nantinya akan membuat masyarakat tertarik karena dari segi penyajian dapat disajikan secara praktis, mengingat pengolahan belalang saat ini umumya hanya digoreng dan teksturnya masih kasar.
 kami mencoba membuat produk terobosan belalang nugget untuk meningkatkan nilai tambah dalam aspek bentuk dan cara penyajiannya. Dengan terealisasinya program ini, kami berharap produk tersebut menjadi salah satu produk olahan yang kaya protein dan dapat bersaing di pasaran. Selain itu, belalang nugget dapat mengembangkan potensi lokal di Indonesia.
Belalang nugget merupakan produk yang unik karena belum pernah  memakai bahan utama belalang dalam pengolahannya, untuk itu  sangat cocok dipasarkan di pusat oleh-oleh khas Yogya.

0 komentar:

Posting Komentar